Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasabah Tarik Uang di ATM Pecahan Rp 20.000 Karna Penukaran yang Sangat Terbatas

Nasabah Tarik Uang di ATM Pecahan Rp 20.000 Karna Penukaran yang Sangat Terbatas

Nasabah Tarik Uang di ATM
- Inilah fakta nasabah tarik uang di ATM pecahan Rp 20.000 karna penukaran yang sangat terbatas. Berikut penjelasan yang bisa kalian dapatkan terkait keterbatasan penarikan uang ini.

Keterbatasan Penukaran Uang

Saat ini banyak layanan yang memiliki keterbatasan untuk menukarkan uang baru. Sehingga banyak nasabah menarik uang pecahan Rp 20.000 lewat ATM. Salah satu bank yang menyediakan pecahan Rp 20.000 di ATM adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Jika di analisa dari situs Kompas, antrian nasabah di ATM pecahan Rp 20.000 sangat panjang dibanding dari hari biasanya. Salah seorang nasabah yang menarik uang pecahan Rp 20.000 di ATM tersebut adalah Esti. Dia bilang uang pecahan tersebut akan dibagi-bagikan saat Lebaran besok.

Seperti yang diwawancarai diatas, ia berkata masih sangat senang jika bank menyediakan pecahan kecil di ATM. Apalagi rata-rata bank sekarang hanya menyediakan uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.0000. Keberadaan ATM uang pecahan kecil sangat membantu, terutama bagi nasabah yang ingin menukarkan uang saat menjelang Lebaran seperti saat ini.

Persiapan Bank BNI

Dari hari sebelum, uang tunai yang telah disiapkan BNI adalah sebesar Rp 12,9 Triliun setiap minggunya. Ini dilakukan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Lebaran meningkat 7 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Hariantono menuturkan, alokasi untuk penarikan via ATM akan lebih besar ketimbang cabang. Dana untuk pemenuhan ATM sebesar Rp 8,75 triliun, sementara untuk cabang Rp 4,34 triliun. Persentasenya setara dengan 70 persen:30 persen.

“Uang tunai tersebut akan menutup tambahan kebutuhan uang tunai di outlet-outlet kami, di mana pada musim Libur Lebaran kali ini diperkirakan mencapai Rp 4,34 triliun,” ucapnya yang dikutip dari Kompas.com.

Hariantono menjelaskan, uang tunai disebarkan di area Jabodetabek dan luar Jabodetabek dengan persentase 19 persen banding 81 persen. Dari polanya, penarikan terbesar akan terjadi di minggu ketiga Ramadhan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kata Akhir

Demikianlah informasi mengenai Nasabah Tarik Uang di ATM Pecahan Rp 20.000. Semua informasi diatas valid sebab semua peristiwa terjadi dilapangan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi terus blog Pinjaman eu.org agar selalu tahu info terbaru mengenai keuangan lainnya.