Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pinjaman Online dan Kartu Kredit

Perbandingan Pinjaman Online dan Kartu Kredit
Perbandingan Pinjol dan Kartu Kredit

Finansial
- Inilah Hal yang Perlu kalian ketahui Tentang Pinjaman Online dan Kartu Kredit. Apa saja perbedaan dari kedua layanan ini? Simak terus ya!

Hingga saat ini tak sedikit kalangan masyarakat yang memiliki kesulitan keuangan dalam mencapai kebutuhan sehari-hari. Konflik ini dapat meningkatkan pinjaman dana dengan sangat pesat. 

Beberapa pinjaman dana yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui aplikasi pinjaman online atau pinjol dan memanfaatkan kartu kredit.

Memang kedua layanan ini dapat dimanfaatkan untuk mendapat uang dengan cepat. Seperti contoh dengan pinjaman konvensional seperti KTA Kilat yang berprosedur melalui Bank dan tentu harus butuh Kartu Kredit sebagai persyaratan.

Namun, jika dibandingkan, manakah dari kedua layanan tersebut yang lebih baik, pinjol ataukah kartu kredit? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah perbandingan, serta kerugian dari kedua layanan finansial tersebut.

Perbandingan Pinjaman Online dan Kartu Kredit Berdasarkan Institusinya

Sebenarnya, di antara pinjaman online dan kartu kredit, tidak ada yang benar-benar mengungguli dibanding yang lainnya. Namun, perlu diimplementasikan jika kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing yang harus diketahui oleh calon nasabahnya.

Yang pertama adalah dari sisi institusinya, yang mana sudah jelas diungguli oleh kartu kredit. Kenapa? Sebab hampir semua kartu kredit pasti diterbitkan oleh lembaga keuangan yang jelas, sebagai contoh adalah bank besar dalam negeri yang terjamin legalitasnya dan sudah lama menawarkan layanannya.

Sedangkan untuk pinjol, institusinya masih sulit untuk memastikan legalitasnya dan banyak dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk meraup untung banyak. Bahkan, pada bulan Juni kemarin, terdapat setidaknya 105 layanan pinjol yang bisnisnya ditindak oleh Satgas Waspada Investasi karena menyalahi aturan jasa keuangan.

Namun, hal ini tidak serta merta membuktikan jika semua layanan pinjol berbahaya. Asal membaca ketentuan pinjaman dan memeriksa hukum yang operasinya di OJK, mengajukan pinjaman di layanan fintech tersebut tidak akan mengancam kondisi ekonomi keluarga. Akan tetapi, kembali ke pembahasan utamanya, kartu kejelasan institusinya, kartu kredit lebih unggul jika dibandingkan dengan layanan pinjaman online.

Perbandingan Pinjaman Online dan Kartu Kredit Berdasarkan Prosesnya

Selanjutnya, yang membedakan antara kartu kredit dan pinjaman online adalah segi proses pengajuannya. Sudah jelas jika pinjol mengungguli segi ini karena memang banyak fintech yang diperbarui ketentuan ringan dan proses cepat agar bisa menggunakan layanannya. Bahkan, cukup banyak fintech yang tidak mengharuskan peminjam memberikan agunan dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, pengajuan kartu kredit biasanya membutuhkan proses yang panjang dan ribet, seperti pemeriksaan BI dan pengungkit data nasabah. Di sisi lain, fungsi utama dari kartu kredit adalah sebagai alat ganti pembayaran, bukan mendapatkan dana segar secara langsung. Jadi, pahami jika proses pengajuan kartu kredit jauh lebih sulit pengungsi pinjol.

Perbandingan Pinjaman Online dan Kartu Kredit Berdasarkan Bunganya

Perbandingan yang terakhir dan paling menentukan, yaitu dari segi bunga yang dibebankan pada pengguna kartu kredit dan pinjol. Tentunya, dari segi ini, pinjol bisa dikatakan kalah telak karena memiliki bunga yang jauh lebih besar dari kartu kredit. Hal ini mungkin disebabkan karena proses mudah dan syarat ringan dalam mengajukan pinjaman jasa keuangan tersebut.

Untuk fintech yang legal saja, beban bunga yang harus ditanggung oleh penggunanya mencapai 24% per bulan atau 0,8% per harinya. Belum lagi dengan risiko menggunakan layanan pinjol ilegal yang membebankan bunga hingga 30% atau lebih setiap bulannya. Beban bunga inilah yang mungkin tidak diketahui oleh pengguna pinjol dan membuat kondisi keuangan menjadi semakin berantakan.

Sedangkan untuk layanan kartu kredit, bunga yang dibebankan hanya 2 persen dari yang sebelumnya sebesar 2,25 persen. Selain itu, Bank Indonesia juga mengalami kekurangan nilai pembayaran dari awalnya 10% menjadi 5% saja. Jadi, sudah terlihat kan layanan layanan pinjol dan kartu kredit dari segi besaran bunganya?

Jadi Kamu Pilih Pinjaman Online atau Kartu Kredit?

Baik pinjaman online dan kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhan penggunanya. Dari penjelasan di atas, dapat terlihat sisi mana yang dimiliki oleh salah satu layanan tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Perbandingan Pinjaman Online dan Kartu Kredit. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan keuangan kamu tidak sia-sia.

Jangan lupa kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan informasi seputar Pinjol dan pastinya terbaru.